Rabu, 06 Maret 2013

LAS

 
 Praktikum Proses Produksi 
1
LAS
7.1. DASAR TEORI
Definisi las adalah suatu proses penyambungan plat atau logam menjadi satuakibat panas dengan atau tanpa tekanan. Yaitu dengan cara logam yang akandisambung dipanaskan terlebih dahulu hinga meleleh, kemudian baru disambungdengan bantuan perekat ( filler ). Selain itu las juga bisa didefinisikan sebagaiikatan metalurgi yang timbul akibat adanya gaya tarik antara atom.Bedasarkan pelaksanaannya las dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu :
1.
 
Pengelasan Cair
Dimana logam induk dan bahan tambahan dipanaskan hingga mencair,kemudian membiarkan keduanya membeku sehingga membentuk sambungan.
2.
 
Pengelasan Tekan
yaitu dimana kedua logam yang disambung, dipanaskan hingga meleleh,lalu keduanya ditekan hingga menyambung Adapun pengelasan tekan itusendiri dibagi menjadi :a.
 
Pengelasan tempaMerupakan proses pengelasan yang diawali dengan prosespemanasan pada logm yang diteruskan dengan penempaan (tekan)sehingga terjadi penyambungan logam. Jenis logam yang cocok pada proses ini adalah baja karbon rendah dan besi, karenamemiliki daerah suhu pengelasan yang besar.b.
 
Pengelasan tahananProses ini meliputi :1.
 
Las proyeksiMerupakan proses pengelasan yang hasil pengelasannyasangat dipengaruhi oleh distribusi arus dan tekanan yangtepat. Prosesnya yaitu pelat yang akan disambung dijepit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar